Destinasi

Jembatan Kuning Sebagai Ikon Wisata Nusa Penida Bali

jembatan-kuning-sebagai-ikon-wisata-nusa-penida-bali

Potensi wisata di Bali memang seakan tidak ada habisnya, setelah booming dengan kawasan wisata Nusa Penida. Sekarang disusul dengan pulau-pulau sekitarnya seperti Nusa Lembongan  dan Nusa Ceningan. Jembatan Kuning adalah jembatan penghubung antara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan di pulau Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dari daratan Bali. Jembatan tersebut sekarang jadi ikon pariwisata daerah itu, dilengkapi dengan lampu warna-warni saat malam. Menjadi penghubung yang vital dan satu-satunya dari pulau tertinggal, terluar, terdepan di pulau Bali, penting untuk pariwisata dan ekonomi. Jembatan ini pernah ambruk pada akhir tahun 2016 dan dibangun kembali, kemudian diresmikan pada Februari 2017. Jembatan ini pertama dibangun pada 1996, dengan tujuan memberi akses untuk menuju pulau terpencil yang terpisah dari Nusa Penida. Dibangun kembali dengan mengalami perluasan lebarnya menjadi 1,8 m dan panjangnya tegap 140 m. Mampu menahan beban hingga 30 ton, diperuntukkan khusus bagi pejalan kaki, sepeda dan motor.

 

5 Fakta Menarik Jembatan Kuning Nusa Penida

Jembatan ini dibangun kembali dan diresmikan pada 25 Februari 2017, dengan upacara ritual hindu (dipeslaspas) memiliki fakta-fakta menarik, yaitu:

 

1. Objek Wisata Yang Eksotis

Di pulau Nusa Penida kamu bisa mengunjungi jembatan kuning yang memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Jembatan ini awal dibangun pada 1996, roboh pada tahun 2016 dikarenakan rapuh dan kelebihan beban. Apabila ingin melewati jembatan ini harus bersabar, karena harus antri satu persatu, lebarnya hanya cukup untuk satu motor saja. Ketika melintas kamu bisa sambil menikmati pemandangan sekelilingmu. Pemandangan yang hanya bisa dinikmati di atas Jembatan Kuning.

Jembatan Kuning Nusa Penida yellow bridge nusa penida

(sumber foto : saltinourhair.com)

 

2. Jembatan Cinta Bagi Muda Mudi

Nama lain jembatan ini adalah jembatan Cinta, karena banyak pasangan muda-mudi berpasangan melakukan wisata di jembatan ini. Kemudian mereka mengabadikannya dengan berfoto-foto. Setelah berfoto mereka posting ke media sosial, sehingga cepat sekali tersebar perihal jembatan ini, mengundang muda-mudi lain datang melihat. Begitu seterusnya, semakin banyak pasangan muda-mudi bertemu di sini, sehingga terkenal dengan sebutan jembatan cinta.

 

3. Jembatan Vital Penghubung Pulau Terluar

Jembatan Kuning memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat Nusa Penida khususnya. Nusa Penida termasuk wilayah Kabupaten Klungkung Bali, hanya sepertiga wilayahnya yang menjadi satu dengan pulau Bali, lainnya berbentuk pulau kecil-kecil, yang bisa dijangkau dengan transportasi laut. Jembatan ini satu-satunya akses dari pulau Nusa Ceningan ke Nusa Lembongan dengan mode transportasi darat yaitu motor. Maka dari itu fungsinya sangat vital, waktu roboh segera dibangun kembali oleh pemerintah. Periode pembangunannya sangat cepat, hanya sekitar 3 bulan. Hal tersebut karena dianggap sangat urgent untuk memperbaiki jembatan yang menjadi akses satu-satunya ke pulau terpencil ini.

 

4. Jembatan Sebagai Akses Wisatawan

Jembatan Kuning senantiasa menjadi daya tarik wisatawan mancanegara yang mengunjungi pulau tertinggal terluar dan terdepan di Bali. Bagi wisatawan asing kurang lengkap bila tidak mengabadikan momen saat di atas jembatan baik siang maupun malam dengan berfoto. Wisatawan mancanegara sangat tertarik mengunjungi pulau terluar, karena ingin mengetahui budaya mereka, bagaimana kehidupan mereka di pulau terpencil. Kehidupan yang jauh dari pusat kota, dan pusat-pusat perekonomian di Bali.

 

5. Jembatan Untuk Melihat Momen Sunset

Saat sore mulai tiba, ratusan wisatawan mancanegara sudah berada di sekitar jembatan, sambil menunggu sunset dan mengabadikannya dengan berfoto. Begitu hari berakhir ditandai dengan matahari kembali ke peraduannya, ornamen-ornamen lampu di Jembatan Kuning mulai menyala menambah keindahan jembatan ini. Warna langit yang semula jingga berubah menjadi gelap jadi latar hitam. Sebaliknya ornamen lampu yang di jembatan menjadi semakin tampak terang dan indah.

 

 

0 Comments
Share

Administrator

PenidaBooking.com adalah layanan informasi tentang destinasi wisata yang ada di pulau Nusa Penida Bali. Semoga artikel yang kami sajikan mampu memberikan informasi dan bermanfaat untuk para pembaca. Kami juga butuh dukungan Anda dengan ikut share artikel kami melalui tombol share ke sosial media.

Reply your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*